Beragam Suku Di Indonesia

Kumpulan Suku Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Indonesia adalah pulau yang berbeda budaya, ras, suku, ras, agama dan bahasa asal. Ada lebih dari 300 suku atau suku bangsa di Indonesia, lebih spesifiknya menurut sensus BPS 2010, terdapat 1340 suku bangsa di tanah air. Di antara sekian banyak suku bangsa, beberapa suku bangsa Indonesia menonjol karena jumlahnya yang relatif banyak, seperti suku Jawa.

Setiap suku bangsa memiliki ciri dan ciri khasnya masing-masing, namun tetap orang Indonesia. Hal ini sejalan dengan semboyan nasional Bhineka Thungkal Eka yang artinya semua berbeda, semua adalah satu. Oleh karena itu, perlu diketahui daerah asal 10 suku di Indonesia yang dirangkum keunikannya melalui berbagai sumber hingga Rabu.

1. Suku jawa

Suku bangsa pertama di Indonesia adalah suku Jawa. Suku Jawa merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari daerah-daerah tertentu di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Java terkenal dengan aksen Medoc-nya, yang bersifat genetik dan sulit dihilangkan.

2. Suku Sunda

Suku Sunda adalah salah satu suku di provinsi Jawa Barat. Suku Sunda juga dikenal sebagai suku terbesar kedua di Indonesia setelah suku Jawa. Orang Sunda juga terkenal dengan alat musiknya yang disebut anklung.

3. Suku Betawi

Jenis suku selanjutnya di Indonesia adalah suku betawi. Selain Sunda dan Jawa, Betawi merupakan salah satu suku yang ada di wilayah DKI Jakarta. Suku Betawi terkenal dengan Ondel-Ondel yang sangat terkenal.

4. Suku Madura

Orang Madura adalah kelompok etnis yang beragam yang tinggal di wilayah Jawa Timur Indonesia. Namun, selain suku Madura, ada marga lain seperti marga Osing atau marga Tengar. Adapun orang Madurai dikenal sebagai suku bangsa dengan jumlah penduduk yang besar.

5. Suku Banjar

Banjar adalah salah satu suku di negara bagian Kalimantan Selatan. Penduduk suku Banjar diketahui berjumlah 4,1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,7 juta tinggal di Kalimantan Selatan dan sisanya di luar negeri.

6. Suku Dayak

Beragam Suku Di Indonesia

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang berasal dari Kalimantan. Namun selain suku Dayak, Kalimantan Barat juga dikenal dengan berbagai suku bangsanya. Sementara itu, suku Dayak secara keseluruhan dikenal sebagai suku bangsa yang berasal dari pedalaman pulau Kalimantan. Suku Dayak juga dikenal sebagai suku dengan tradisi magis yang kuat. Praktik kesukuan dicirikan oleh berbagai pengetahuan spiritual.

7. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau adalah suku yang hidup di negara bagian Sumatera Barat. Marga Minangkabau yang juga dikenal sebagai marga Minang memiliki sistem kekerabatan bawahan.

8. Suku Melayu

Di antara suku-suku lain seperti Jawa, Bugis, Sudan, Bantan, Madurai, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh dan Manado, suku Melayu dikenal sebagai suku di provinsi Bangka Belitung. dan Maluku. Omong-omong, orang Melayu mendapatkan nama mereka dari Kerajaan Melayu di mana daerah itu dikenal sebagai Kerajaan, lebih khusus di sekitar Sungai Batang Hari.

Pada saat yang sama, penggunaan istilah Melayu menyebar ke luar Sumatera dan mengikuti wilayah kerajaan hingga menyebar dari Sriwijaya ke Jawa, Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

9. Suku Batak

Suku Batak adalah suku yang berasal dari Sumatera Utara. Batak Karo, Batak Toba, Batak Simlungan, Batak Pakpak, Batak Angola dan Batak Mandeling adalah beberapa suku bangsa yang tergolong atau tergolong Batak.

10. Suku Makassar

Suku Makassar, juga dikenal sebagai etnis Melayu, terletak di pantai selatan pulau Sulawesi. Oleh karena itu, bahasa orang Makassar sering dikatakan berstruktur terbuka.

Share Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.